New Template

Ads by Smowtion


Jumat, 17 Juni 2011

Talqien / Over Pahala pada mayat



Talqienkan orang yang sudah mati / mayat

Talqien itu maksudnya mengajar, mengajari si mati akan apa yang harus dia jaab di saat malaikat memberikan pertanyaan padanya atau mengajar si mati akan i'tikad yang wajib ia imani sewaktu ia masih hidup.

Kata imam Ahmad ( Abu Abdillah)
saya tidak pernah lihat seorang berbuat (talqien) itu kecuali orang orang syam di hari Abul Mughirah meninggal, yaitu datang seseorang ada berbuat begitu.

Dan tuntunan itu pun tidak ada dalam Quran, karena,

An-Naml:080
إِنَّكَ لَا تُسْمِعُ الْمَوْتَى وَلَا تُسْمِعُ الصُّمَّ الدُّعَاءَ إِذَا وَلَّوْا مُدْبِرِينَ
Sesungguhnya kamu tidak dapat menjadikan orang-orang yang mati mendengar dan (tidak pula) menjadikan orang-orang yang tuli mendengar panggilan, apabila mereka telah berpaling membelakang.

Fathir:022
وَمَا يَسْتَوِي الْأَحْيَاءُ وَلَا الْأَمْوَاتُ إِنَّ اللَّهَ يُسْمِعُ مَنْ يَشَاءُ وَمَا أَنْتَ بِمُسْمِعٍ مَنْ فِي الْقُبُورِ
dan tidak (pula) sama orang-orang yang hidup dan orang-orang yang mati. Sesungguhnya Allah memberi pendengaran kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan kamu sekali-kali tiada sanggup menjadikan orang yang didalam kubur dapat mendengar [1255].

lagi pula, kita harus fikirkan kalaulah taubat orang yang hampir mati tidak berguna, bagaimana ajaran orang hidup bisa berfaedah buat orang yang sudah mati.

An-Nisaa`:018
وَلَيْسَتِ التَّوْبَةُ لِلَّذِينَ يَعْمَلُونَ السَّيِّئَاتِ حَتَّى إِذَا حَضَرَ أَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَالَ إِنِّي تُبْتُ الْآنَ وَلَا الَّذِينَ يَمُوتُونَ وَهُمْ كُفَّارٌ أُولَئِكَ أَعْتَدْنَا لَهُمْ عَذَابًا أَلِيمًا
Dan tidaklah taubat itu diterima Allah dari orang-orang yang mengerjakan kejahatan (yang) hingga apabila datang ajal kepada seseorang di antara mereka, (barulah) ia mengatakan : "Sesungguhnya saya bertaubat sekarang". Dan tidak (pula diterima taubat) orang-orang yang mati sedang mereka di dalam kekafiran. Bagi orang-orang itu telah Kami sediakan siksa yang pedih.


*. Melihat dari ayat tersebut diatas bagaimana ajaran orang hidup akan berfaedah buat orang yang sudah mati
*. Kalau ajaran itu berguna bagi si mati tentulah akan berguna juga untuk yang kafir
*. Talqien yang dibacakan dalam bahasa Arab apakah mungkin orang mati tersebut kaerna telah mati akan mengerti dengan bahsa Arab?

Menurut sunnnah bahwa apabila selesai di tanam mayat lantas Rasulullaah berdiri seraya berkata kepada yang hadir, mintakanlah ampunan bagi saudara kamu ini dan mintalah ALLAAH beri ketetapan bagi dia karena dia sekarang lagi diperiksa. Abu Dawud.

Tuntunan doa ziarah Kubur

Hadist di bawah ini menuntun kita bagaimana cara berziarah kubur dan mendoa di kubur

Bahwa Rasulullaah pergi ziarah kubur ia berkata, Assalaamu 'alaikaum daara qaumin mu'minin wa innaa insya Allaahu  bikumlaahiqun (Mudah mudahan kesejahteraan atas kamu wahai ahli kubur yang mukminin jika dikehendaki Allaah kami akan bertemu kamu,). Muslim

dan ada juga Rasulullaah berkata,

Selamat kpada kamu wahai ahli kubur dari kaum mukminin dan muslimin dan jika dikehendaki Allaah kami akan mengikuti kamu . Kami meminta kepada Allaah keselamatan untuk kami dan kamu. Ahmad, Muslim
Ajakan...........

Az-Zumar:011
قُلْ إِنِّي أُمِرْتُ أَنْ أَعْبُدَ اللَّهَ مُخْلِصًا لَهُ الدِّينَ
Katakanlah: "Sesungguhnya aku diperintahkan supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama.

0 komentar:

Posting Komentar